Thursday 21 August 2014

mandiri itu....

setamat SMA punya cita-cita melanjutkan studi di luar pulau, pulau jawa. katanya sih pendidikan disana lebih bagus dan tentunya lebih lengkap jg. tapi yang bikin saya semangat kuliah di luar pulau (S1 malang n S2 bandung-jatinangor) adalah belajar hidup mandiri. ingin ngerasain gimana sih hidup jauh orangtua, yang meskipun kehidupan masih disokong ortu tapi gimana cara manag keuangan dan waktu yang ada.

di malang kebetulan tinggalnya di kontrakan bersama teman-teman. jadi kosannya itu sama kayak kosan pada umumnya, perkamar gitu tapi disebut kontrakan karena segala urusan kami penghuninya yang mengatur dan si induk semang tidak tinggal bersama kami. jadi mulai dari urusan kebersihan, bayar listrik dan aturan-aturan kosan kami yang ngurus. 

alhamdulillahnya pertama kali ngekos dapat tempat yang memang ngelatih kemandirian sekaligus agama juga sih. jadi sekamar berdua dengan sistem junior senior. jadi sengaja dipasangkan para maba dengan senior, supaya bisa saling belajar. sholatnya berjamaah dan ada jadwal imamnya, ada kultumnya juga. jadwal piket nyapu dan masak. 

kemudian berpindah kosan yang lain tapi masih dengan sistem kontrakan. lama kelamaan giliran saya yang jadi senior dan dikosan yang kedua dan ketiga sistemnya kamar sendiri-sendiri (saya pindah kosan sampai 3x). jadilah yg ngarahin kapan kudu iuran bwt bayar petugas kebersihan yg ngambilin sampah, bayar listrik n PDAM, kapan kudu bebersih kosan n kamar mandi, bahkan kapan kudu nyalain pompa air n matiinnya biar gk banjir gegara tandonnya kepenuhan. bahkan saya pernah loh benerin genteng yang bocor. wes wes bener-bener dilatih ngurus rumah tanpa lakik.

malah pernah lagi tes masuk S2 di bandung, saya masih kepikiran si listrik n pdam belom dibayar bulan ini. ngehubungin adek2 kosan supaya jangan telat bayarnya biar nggak kena denda *emak2 banget dah*. karena semingguan di bandung, malah mereka sms tanya "mbak kapan pulang? dikosan banjir mulu nih, gegara pada lupa matiin sanyo pas ngisi air. kan biasanya mbak yang suka matiin" -__-" jadilah pas pagi nyampe malang, saya mandi n bergegas pergi lagi buat bayar listrik n air dong.

pindah ke jatinangor agak syok karena fasilitas kosan disini beda banget sama di malang. yang semuanya udah ada dikamar yang bikin nggak bersosialisasi ma penghuni kosan yang jumlahnya puluhan. yang ngebersihin juga kadang penjaga kosannya.

tapi karena kebiasaan dimalang jadi kebawa juga pas disni. misal masak di dapur kosan, ya sehabis masak ngeberesin n ngebersihin dapurnya. ngambil es batu di ice cube kulkas kosan, yaa habis itu ya diisi lagi ice cubenya. jemur cucian di jemuran kosan, banyak yang sudah kering tapi nggak diambil-ambil sampai berhari-hari. klo dikontrakan kan kita tahu itu jemurannya sapa jadi kadang diangkatin dan dianterin ke kamar. jadinya disini yaa dipinggirin aja biar nggak basah kena jemurannya kita. kadang klo ngerti hujan yaa langsung lari ngangkat jemurannya bareng si mamang kosan.
apa yang masih bisa kita lakuin yaa sebisa mungkin dilakuin, jangan berharap sama penjaga kosan juga, kasian beliau juga banyak kerjaan.

nah dikosan yang kedua, mamang kosannya agak cuek. misal minta tolong apa gitu, actionnya lama jadi suka gemes deh. kayak si dinding kamar yang berbatasan ma kamar mandi kan lembab, trus pas minta tolong dibenerin doi cuma bilang perlu cat anti bocor neng, tapi habis tuh gk ada actionnya. jadinya habis tuh suka males minta tolong ke mamangnya.

kejadian pas shower airnya mampet, mikirnya kesumbat sama kotoran-kotoran nih kayak pasir gitu. trus googling deh caranya ngebenerin shower mampet. trus tombol flush klosetnya gk fungsi jadinya tiap nyiram pke air diember dan itu gak terlalu efisien n efektif. googling lagi dan ternyata agak ribet yaa karena gak terlalu paham masalah bgtuan. setelah hampir 2bulanan kayaknya si flushnya error, beberapa hari yang lalu nggak sengaja ngebuka tangki airnya itu pengen lihat isinya sih eh lupa kalo nyambung gitu ma si tombol flushnya n ketarik. daaaaan setelah itu tombol flushnya bisa dong hehehehe. nggak sengaja ngebenerin itu namanya. habisnya suka sebel kalo udah minta tolong mamang tapi gak dibener2in juga.

tinggal ngebenerin dinding yg lembab nih. klo udah gk bisa baru deh give up dan minta tolong si mamang.

okey mari kita belajar jadi pribadi yang mandiri ya guys. bukan berarti kudu jadi anak kos dulu hahaha. ya dimulai dari hal-hal kecil seperti ngerapiin tempat tidur sendiri. ngerapiin barang-barang pribadi kita, habis makan ya cobalah cuci piring bekas makan kita. sesuatu itu perlu dilatih, ya pada awalnya memang merasa terpaksa tapi lama-lama jadi habit alias terbiasa kan. toh buat kebaikan kita juga.

saya pun masih berproses menjadi pribadi yang mandiri, mari semangat berubah untuk jadi pribadi yang lebih baik. semangat :)

No comments:

Post a Comment