Wednesday 17 September 2014

pelajaran dari my mom

my mom selalu ngajarin buat berbaik sama orang lain, meskipun orang itu udah ngejahatin kita. yang penting kita nggak jahat, kayak orang itu.

my mom percaya perbuatan apapun pasti ada balasan. kalau pengen dapat balasan yang baik, ya berbuat baiklah. meskipun balasan baik itu kadang nggak langsung ke kita, tapi bisa juga ke keluarga or anak-anak kita nanti.

kadang ngerasa banyak orang yang nolongin pas kita butuh, dari mulai yang kecil sampai yang besar. kayak ngasih tumpangan, nraktir makan pas lagi bokek sampai pernah lagi butuh uang 10juta buat bayar SPP, saat itu juga ada teman yang langsung transfer.

kalau di flashback biasanya karena kita biasanya berbuat baik ke orang dan bisa juga itu akibat perbuatan baik orangtua kita juga loh. my mom pernah bilang, dia berusaha bantu orang sebisa dia biar anaknya pas jauh kayak gini ditanah rantau ada juga yang bantu or nolongin.

terus kalo orang yang pernah kita bantu, justru sebaliknya ke kita? udah biarin aja ya. pernah loh dulu ada teman seperjuangan jaman skripsi. ketika yang lain udah mulai jalan skripsinya, dia baru aja mau mulai. kami bantuin dah dari mulai nyariin referensi n ngerevisi draftnya, kasih strategi juga gimana ngatur waktunya. eh nggak tahunya dia lulus duluan sambil ngecibir kami "ih ternyata para asisten lab yang pintar-pintar ini nggak jaminan ya lulus cepat. malah aku duluan yang lulus."

sumfeee begitu tahu dia lulus dengan songongnya, sebel iya. sebel banget malah. tapi biarin aja lah. toh berbuat baik sama orang insyaa allah dapat pahala. nah yang suka kek gini juga dapat balasannya koq, nggak tahu dah apa, biarin urusannya ma Allah.

so, mari berbuat baik kepada siapa saja :)

No comments:

Post a Comment