Tuesday 21 October 2014

sesuatu yang kecil

Tadi pagi bergegas buang sampah dikamar ke tempat sampah depan kosan (TPA-nya kosan begitu). Tumben banget, bangun tidur terus lanjut buang sampah, biasanya buang sampahnya sekalian berangkat ngampus. Sebenarnya sih niatnya ngecek situasi kosan, masih sepi atau lagi rame ya soalnya mau jeprat jepret disekitar kosan buat "tugas harian" bersama tim upload kompakan hehehe. Apa itu upload kompakan? jadi tiap hari ditentuin temanya apa dan itulah yang dipotret dan diaplod di IG, dah cukup sekian penjelasannya.

Nah pas lagi buang sampah, sempet ngelihat pemulung lagi keliling kompleks. Sengaja lambat-lambatin buang sampahnya biar si pemulungnya yang kebetulan kearah aku, bisa aku lihat dengan jarak dekat (nggak pake kacamata sih). Eh ternyata begitu udah deket, doi nggak kearah kosan tapi belok gitu refleks manggil setelah mastiin dia pemulung yang ngumpulin botol, "Pak, saya ada botol. sebentar ya."

si bapak langsung mendekat dan baru jelas dong muka si bapak yang ternyata udah sepuh :( sedih aku lihatnya. si bapak ternyata ngikutin sampai masuk kosan biar aku nggak repot-repot keluar lagi. kebetulan aku ngumpulin botol bekas aku ke dalam plastik sedang gitu. jadi pas aku kasih itu plastik, si bapak seneng bangetlah padahal ya sedikit doang botol yang aku kasih.

terkadang, sesuatu yang kecil atau yang tidak berharga menurut kita bisa jadi sangat besar artinya buat orang lain. ya contohnya aja botol kemasan bekas kita, kelar minum dan habis paling ya dibuang kalau emang dipakai jadi wadah apa gitu. bagi kita itu sampah sedangkan bagi si bapak, itu penghidupannya.

terkadang, perbuatan kita sekecil apapun bisa berdampak besar ke orang lain. cuma ngasih sampah botol bisa membuat si bapak pemulung senang dan tersenyum. contoh lainnya, salah ngomong aja bisa bikin orang lain marah.

beneran seneng kalau ngelihat si bapak pemulung tadi atau pemulung yang sering ke kampus aku (tangannya satu :( ) senyum gitu. nyessss gitu hati ngelihatnya. 

Ya Rabb, jaga mereka. mudahkanlah rejekinya dan semoga diberikan badan yang sehat. setidaknya mereka masih mau berusaha untuk bekerja dibandingkan meminta-minta. aamiin.

No comments:

Post a Comment