Sunday 22 December 2013

hari ibu

mungkin saya termasuk anak yang tidak so sweet kepada mami
kenapa tidak so sweet?

ketika hari ini (22 Desember) diperingati sebagai hari ibu,
teman-teman saya mengucapkannnya kepada ibu mereka masing-masing
ada juga yang memberi bunga dan hadiah lainnya.

saya?
mencoba menelepon dan ternyata beliau sedang pergi dan HP ditinggal dirumah
nggak jadi so sweet deh padahal pengen ngucapin

saya juga nggak pernah ngucapin pas mami saya milad,
karena mami sendiri nggak tahu kapan miladnya,
yang ia tahu neton-nya (kelahiran berdasar pasaran orang jawa)

beberapa hari setelah lebaran idul fitri kemarin,
dirumah mami bikin tumpeng dan mengundang para tetua didesa (sebut: mbah-mbah)
mereka berkumpul didepan tumpeng dan berdoa
dan ternyata hari itu neton mami saya

ntahlah saya ini anak yang seperti apa,
neton mami sendiri tidak tahu
di penghujung malam ketika sibuk packing barang-barang
saya bilang dengan muka innocent
"mami hari ini ulang tahun ya? berkah umurnya ya mami, sehat selalu"
*salim dan mencium pipinya*

saking saya bukan anak yang so sweet,
mami saya pun berkaca-kaca ketika saya mengucap itu...

tadi akhirnya mami menelepon saya,
sampai juga ia dirumah dan menelepon
niatnya mengucapkan "selamat hari ibu ya mami"
tapi apa daya sinyal disana amsyong sangat
jadilah mami menjawab "haloooo haloooo? koq gak ada suaranya? haloooo haloooo?"
padahal saya ngucapin selamat hari ibu berkali-kali dan hampir teriak -_____-"

makinlah saya di cap sebagai anak yang tidak so sweet dan malah kurang ajar jadinya

akhirnya sinyal membaik dan saya katakan sekali lagi
"selamat hari ibu mami"

dia menjawab, "iya, doain mami yaa disini"

iya mami, tanpa perlu kau minta saya selalu mendoakanmu disini
di setiap sholat bahkan ketika saya hampir putus asa menghadapi kuliah
saya selalu mengingatmu supaya bersemangat kembali

mungkin saya memang bukan anak yang so sweet nan berbakti
tapi saya selalu berusaha menjadi anak sholeh bagi papi dan mami
yang ketika berdoa kepada Allah, mengalir pahala bagi orangtuanya meskipun telah tiada.

selamat hari ibu Mamiku sayang...
tetaplah tegar meski tanpa Papi disisimu...
selalu sehat meskipun tanda-tanda tua nampak ditubuhmu...
aamiin...

No comments:

Post a Comment