Saturday 7 December 2013

lika liku olshop

bingung pengen kerja tapi sibuk kuliah
tetiba keingat buat jualan
dari SD saya sudah terbiasa jualan
gampanglaaaah menurut saya hehehe...

oktober kemarin saya coba-coba jualan online di Instagram.
jadi distributor aja sih, mikirnya bisa disela-sela kesibukan kuliah
toh saya distributor aja, tinggal promosiin aja n cari customer
customer pesen, ya saya yang orderkan ke owner,
yang ngirim barangnya juga owner malah

banyak orang mungkin mengira jualan di olshop itu gampang
nggak perlu waktu luang, kerjaan sampingan disela-sela kesibukan

sapa bilang jualan di olshop itu gampang  n gak sibuk :D

kudu telaten ternyata...
kudu sabar n ngerti kapan baiklah upload foto dagangan biar langsung diserbu

kudu fast respon ketika ada yang tanya-tanya
kudu lapang dada udah capek jawabin pertanyaan customer eh gak jadi beli hehehe
kudu siap di protes ketika barang lama nyampenya ke customer

kudu bisa seramah mungkin meskipun lagi bete aslinya
untung aja terhubungnya lewat sosmed yaak gak ketahuan deh

memberikan pelayanan terbaik kepada customerlah
meskipun nggak bertatap muka secara langsung,,
toh para customernya udah percaya dan bayar meskipun gak kenal kan
jadi simbiosis mutualisme lah...

customer puas,
kita juga koq yang untung...

bersyukur punya sahabat yang juga jadi distributor beberapa produk,
sahabat saya ini  tanpa diminta selalu ngasih saran buat saya yang tergolong newbie
(sebagai penjualnya, kalau sebagai customernya udah dari dulu hehehe)
tanpa saya minta, dia yang promosiin dagangan saya dengan nge-repost di instagramnya dia

meskipun ada seorang sahabat yang pernah tanya keuntungan yang didapat berapa
dan ketika tahu, hmm tergolong kecil katanya.

ya mau ngambil untung berapa, la wong harganya aja sudah segitu
yang penting laku n masih dapat untunglah

saya menikmati koq ketika melayani customer,,
menambah kenalan baru...

rasanya seneng ketika customer puas, kita pun ikutan puas

yang lucu itu pernah kejadian barang nyampe padahal customer belum transfer hehehe
*super duper tolol sebenernya hehehe*
entahlah saya yakin aja sama customer-customer saya

jadi sistemnya kan, customer transfer ke saya,
habis itu saya transfer ke owner biar langsung dibuatkan pesenannya,
full payment di awal karena produknya made in order
nah pada suatu ketika, saya transfer pakai uang saya dulu

kebetulan saya udah ngasih no.rek ke beliau n saya bilang segera konfirm ya kalau udah transfer
dan saya lupa kalau orangnya belum konfirm hehehehe
pas inget oia belum ada konfirmasi n saya juga belum ngecek di rek saya

tiba-tiba beliaunya ngasih kabar kalau barangnya udah sampai n bagus banget katanya
minta maaf banget n nggak bermaksud hit n run,
kebetulan anaknya sakit pas itu jadinya belum sempet transfer
sorenya langsung ditransfer hehehehe.

pas diakhir obrolan beliau ngasih doa ke saya,
"semoga berkah n lancar selalu ya mbak usahanya"
subhanallah... kenalan baru dan didoakan pula...

 yak segini dulu aja (aja???) ceritanya sebagai newbie di olshop
yah intinya saya happy happy aja di olshop
bukan cuma karena dapat untung, tapi juga melatih diri bahwa cari uang itu nggak mudah
jadinya nggak gampang juga buang-buang uang buat sesuatu yang nggak penting
dan tentunya membangun relasi yang luas :)

yuk mari yang mari order hijab syari monggo mampir di IG saya,
@hijabisme_malang

*promosi dianya hehehe

1 comment:

  1. Bisnisnya bagus min.
    ada juga nih produk yang lagi booming
    chek well => www.kiostiket.com

    ReplyDelete