Thursday 29 March 2012

Anak Kesepian


anak-anak yang memiliki orangtua dengan pendidikan tinggi turut mempengaruhi pengetahuan mereka. memang kecerdasan itu berasal dari proses belajar dan IQ. walaupun IQ tinggi tetapi tidak ada proses belajar ya sama saja. akan tetapi ketika IQ pas-pasan namun proses belajarnya baik maka hasilnya pun baik. namun ada kelebihan lainnya bagi mereka yang memiliki orangtua berpendidikan tinggi, secara tidak langsung pengetahuan mereka luas.
contoh saja murid saya ini anak dokter, bapak ibunya seorang dokter. ketika ditanya pekerjaan orangtuanya, dengan tegas dia menjawab "dokter, dokter loh Bu... dokter...". ayahnya seorang dokter radiologi, ketika ditanya tentang cita-citanya dia menjawab ingin menjadi dokter anak. kenapa tidak mau menjadi seperti ayahnya? anak itu dengan gamblang menjelaskan alasannya, untuk ukuran anak kelas satu SD jawabannya benar-benar menunjukkan pengetahuannya yang luas.
dari segi pengetahuan mungkin boleh berbangga, tetapi ada satu yang membuat miris. yaitu kesibukan kedua orangtuanya sehingga intensitas anak bersama orangtua pun sangat jarang. ibu yang seorang dokter pula sering di jakarta, dan ayahnya pulang malam. sehingga anak merasa kesepian dan tak jarang anak-anak dengan orangtua yang memiliki kesibukan seperti ini bermain dengan pembantu. sosialisasi dengan teman sebaya kurang karena lebih banyak dihabiskan bermain dengan pembantu ataupun dengan saudara sendiri.
sangat disayangkan ketika karier menanjak naik, anak terabaikan. sesibuk apapun itu, seharusnya orangtua mampu meluangkan waktunya untuk anaknya. jangan sampai anak menjadi anak pembantu karena waktu anak sering dihabiskan bersama pembantu. 

No comments:

Post a Comment