Wednesday 24 April 2013

Kartini-ku

walaupun hari Kartini udah lewat,, gpp deh bikin tulisan tentang perempuan indonesia...
hmm terlepas kontroversi kenapa setiap tgl 21 april dijadikan hari kartini bukan nama pahlawan wanita lainnya yang sama bahkan lebih perjuangannya bagi bangsa ini...

ketika hari kartini biasanya yang ditanya,
"siapa kartinimu?"
saya akan menjawab dengan tegas "MAMI SAYA!!!"

yuph, dia pahlawan wanita bagi saya.
apalagi habis baca postingan sebelumnya bikin saya teringat akan mami saya.

kenapa?
mami saya berjuang demi anak-anaknya.
dia bahkan lupa dengan penderitaannya demi kebahagiaan anak-anaknya.
dia lupa dengan sakitnya demi anak-anaknya sehat
dia lupa dengan rasa laparnya tapi berusaha jgn sampai anaknya kelaparan

mami saya sejak akhir 2009 berstatus single parents,,
dia yang berjuang untuk menyekolahkan anak-anaknya hingga tinggi
meskipun dia sendiri tidak mengenyam bangku sekolah hingga tinggi
dia melupakan keinginannya untuk lanjut sekolah demi adiknya agar terus bersekolah
sekarang dia bekerja keras agar anak-anaknya bisa menikmati bangku sekolahan

saya ingat ketika saya dilema antara bekerja ke pulau seberang ataukah melanjutkan studi
tapi dengan semangat 45 dia menyakinkan saya untuk kuliah kembali
dia menenangkan saya untuk tidak memikirkan biaya kuliah yang mahal
meskipun dia dalam kepalanya akan memutar otak untuk mencari uang yang banyak demi studi saya

dia pahlawan saya

ketika saya berpindah universitas untuk lanjut studi
ternyata biaya hidup di kota ini berkali-kali lipat dibandingkan kota sebelumnya
dia tak pernah protes
dia selalu mengirimkan uang tepat waktu
dia selalu mengingatkan untuk jangan telat makan
walaupun dia sendiri sering telat makan

dia tak pernah mengeluh ketika saya menelepon hanya untuk minta uang tambahan
hari itu pula dia kirimkan
agar anaknya jangan sampai kelaparan di tanah rantau

yaah, dia pahlawan saya

moga Mami disayang Allah...

#brebes_mili :'(

No comments:

Post a Comment