Wednesday 15 May 2013

kerudung paris tanpa trawang bekasi :D

sebenarnya saya penyuka hijab instan alias langsung pake jadinya kalo lagi ada urusan diluar n jadwal sholat bisa cepat makenya. nah tapi sempat dikasih saran sama senior sih dulu pas jaman S1, supaya pakai hijab segiempat biar kelihatan resmi soalnya hijab instan kesannya nggak resmi karena kebanyakan bahannya dari bahan kaos. nah akhirnya mulai mencoba memakai si hijab segiempat yang tebel tapi lama-kelamaan males juga soalnya warnanya jarang ada yang pas banget/1 tone sama bajunya.

akhirnya beralih ke hijab segiempat yang bahan paris karena warna-warnanya lebih bervariasi n cocok dengan warna baju. cuma kendalanya yaa bahannya tipis dan terawang, apalagi dipakai yang sampai nutup dada. akhirnya terbersit ide buat ngedobelin si paris ini biar nggak terawang. lagi-lagi kendalanya, paris yang buat dobelan ini ukurannya sama atau lebih gede jadinya balapan deh, terkesan nggak rapi.
berdasarkan pengalaman tadi, muncul beberapa eksperimen. jadinya saya punya paris putih yang memang nggak saya pakai soalnya terawang banget, si paris putih ini ukurannya saya perkecil. saya lipat pinggir-pinggirnya dan dijahit tangan jadinya jadi paris segiempat yang lebih kecil ukurannya. nah karena udah diperkecil jadinya nggak balapan lagi sama paris yang jadi luarannya.
nah pinggiran dilipat n dijahit, lebih rapi kalau dipotong dan di neci dipenjahit hehehe
 si paris putih ini saya jadiin daleman/dobelan buat paris yang warnanya cerah yang cenderung kalem seperti pink, ungu muda, biru muda, dll. kenapa warna cerah? biar warna luarnya ini nggak berubah warna alias tetap seperti warna aslinya. tapi menghasilkan warna yang agak unik sih, agak mengkilat gitu kalau kena sinar matahari.
paris pink (peach) sebelum dilapis si putih, masih terawang kan
setelah dilapis sama si paris putih, warnanya agak memudar sedikit tapi lebih tebel/gk terawang
 nah kalau untuk warna gelap saya dobelin sama yang gelap juga, biar dapet kesan gelapnya. tapi bisa juga sih dikasih warna putih tadi atau warna lainnya, jadinya kesan mengkilatnya dapat banget atau gradasi gitu.
ini paris warna biru tosca *masih dlm lipetan kecil jdx warnanya biru banget
nah ini setelah di lapis sama paris putih, jadinya warnanya seperti ini
 nah, kan punya koleksi paris yang warnanya masih 1 tone, misal orange dengan kuning muda, ungu muda, ungu tua, baby pink, peach, shock pink. nah biasanya saya dobelin dengan warna yang masih 1 tone itu. misal ungu tua didobelin sama ungu muda, dll. jadinya warna aslinya dapet dan lebih unik deh.


 yang jadi permasalahan memang kalau didobelin gitu, paris yang jadi dobelannya ini balapan sama yang diluar. nah pernah memperhatikan adek-adek S1 yang justru sengaja memanjangkan paris yang jadi daleman/dobelan ini dan bagus-bagus aja. jadi bisa dipakai juga nih tipsnya, ketika hopeless karena parisnya balapan, mending dikreasiin seperti ini aja tapi dengan catatan warnanya sesuai sama warna pakaian/bawahannya ya.
si biru muda di combine sama biru tua, nah krn si biru muda lebih lebar dan mau dijadikan daleman/dobelannya jadi sengaja dibiarin lebih panjang dari biru tua (luaran)
biru muda di combine dgn biru tua
nah ini "daleman" yg sngaja dipanjangkan/dikeluarkan
 pernah pas dikelas saya pake paris ungu tua, dalemnya kebetulan pake si ungu muda, ada teman yang kemudian mendekat trus sambil megang paris saya mencoba memperhatikan warna ungu yg dihasilkan karena dobelan itu. "warna ungunya bagus ya" komentar gitu teman saya itu, saya bilang aja saya dobel parisnya. 

ide dobel ini simple sebenarnya tapi banyak yang bingung juga cara dobelinnya atau gimana ngedobelnya.
nah step-stepnya ada dijelasin sama teman saya si emma n bisa dilihat juga kalau paris berbeda warna menghasilkan gradasi yang bagus ketika didobel :)
http://emmakim28.blogspot.com/2013/05/tutorial-hijab-dobel-gradasi ala-emma.html?showComment=1368624874353#c7047327201825287265 nah dilema paris terawang? udah nggak kan... selamat mencoba dan berkreasi :)

nb: cara dobelin simple koq, sebelum dipake bentangin dulu paris segiempat yang mau dipake diluar (luaran) trus ditumpuk sama paris yang dijadiin daleman/dobelannya (daleman jgn lebih pjg dari luaran kecuali memang sengaja dibuat lbh pjg kayak gmbar diatas), lipat dua jadi segitiga, pake deh seperti biasa. :)

1 comment:

  1. sehati banget sama postingan ini.. kykny kita mmg setipe, suka yg simple2 aja tp ttp syar'i mudah2an postingan kita ini bisa jadi bahan utk mendakwahkan hijab syar'i lg ya mbak ^^ alhamdulillah udh byk tmn2ku dan mahasiswiku yg nyoba, seneng liatnya mereka jadi cantik2^^

    ReplyDelete