Saturday 14 July 2012

my dad my hero

nggak terasa sebentar lagi 1000 harinya Papi... hmm, berhubung Mami saya masih memegang tradisi jawa yg kuat banget jadinya ngadain selamatan 1000 harinya Papi nanti di Garum, Blitar. saya pun nggak ngerti apa-apa yaa ikut bantu aja kalo diminta bantu-bantu. kebetulan saya dapat tugas beli sandal buat selamatan 1000 harinya Papi. saya sih nggak ngerti, baru tahu kalo kudu beli pakaian, dan lain2 yang jadi kesukaannya almarhum. ya ampun, sedih rasanya ketika milihin sandal buat Papi... saat Papi masih hidup, saya nggak sempat belikan Papi sandal. yang saya ingat ketika lebaran terakhir dengan Papi, Papi salah beli sandal yang bagian jempolnya nggak muat jadinya nggak nyaman banget dipakai. so, inget sandal itu jadinya sengaja milihin sandalnya yang nggak ribet ada lubang jempolnya. sedih juga yaa rasanya beliin sandal buat orang yang sudah tiada :(
saya ini bisa dibilang dekat dengan Papi. yang rajin telepon saat saya jauh di Malang adalah beliau. setiap hari menelepon hanya untuk bertanya apa saya sudah makan, lagi dimana, uang masih ada atau tidak. saking seringnya ditelepon Papi, mbak kos yang sekamar dengan saya menjuluki saya anak Papi. tak jarang teman-teman saya mengira saya sedang teleponan dengan pacar, padahal ya sama Papi. jadi nyesel dulu kadang terganggu dengan perhatiannya Papi yang setiap hari telepon dan sms. nggak jarang juga kalau udah sebel, Papi masih ngomong di telepon langsung saya matiin. maafin Ratna ya Pi :( jadi kangen digangguin Papi lagi lewat telepon dan sms.




saya inget lagi ekspresi teman-teman kosan saya setelah saya balik dari pemakaman Papi. mereka mengkhawatirkan saya gimana kondisi psikis saya, secara mereka tau bahwa saya dekat sekali dengan Papi. makanya ketika saya balik kekosan dengan ekspresi cengar cengir mereka kaget dan bingung. Papi meninggal hari senin pagi di Samarinda, langsung di bawa ke Garum (Blitar) dan baru dimakamkan besok paginya (selasa), dan hari Rabu sore-nya saya udah balik ke kosan. kamis saya sudah masuk kuliah. yaaah, teman-teman kuliah saya pun kaget melihat saya sudah kuliah lagi.
yang selalu membuat saya terkenang dengan Papi adalah perjuangannya. saya emang sakit-sakitan sejak kecil. waktu kecil kira-kira umur 3 tahun, saya harus opname karena kena paru-paru basah. dan berdasar cerita Mami saya, Papi nggak ada uang saat itu untuk bayar rumah sakit. dan entahlah saya juga kurang jelas ceritanya, Papi ikut tanding bola dan menang sehingga mendapat uang dan untuk melunasi biaya rumah sakit saya. hmmm you are my hero :( dan di saat sebelum koma, Papi mencari saya sehingga saya meninggalkan UTS demi pulang ke Samarinda. begitu saya sampai dan melihat Papi di ICU, papi koma. ya beliau sangat menyayangi saya dibanding anak-anak lainnya hingga saat-saat kritisnya beliau pun mencari saya. yuph, i love u so much Papi.... :(

No comments:

Post a Comment