Friday 27 July 2012

Skripsweet or Skripsh*t

beberapa teman dan adik tingkat sedang galau dengan tugas akhir mereka alias si skripsi. bagi mereka yang sensitif dengan si skripsi, setiap saya tanya gimana skripsinya pasti langsung dijawab "ssssstttt, dilarang ngomong jorok mbak". ok deh klo gitu, saya juga pernah merasakan saat-saat sensi banget ma si skripsi walopun lagi gk PMS hehehe.
bagi beberapa teman ada menyebutnya skripsweet, bukan berarti isinya sweet2 semua tapi menyemangati diri untuk menyukai si skripsi yang bisa membolak-balikan hati,, cielaaah... ada juga yang nyebutnya skripsh*t karena emang ngerasa bener2 sebel banget sama si skripsi yang mandeg or bikin kepala mendadak pusing n gak nafsu makan :D
klo bagi saya skripsi itu ujian mental yang menghasilkan khayalan-khayalan yang nyeleneh ketika kondisi lagi drop. jaman saya skripsi dulu (berasa kayak udah lama banget hehehe) awalnya drop karena ide skripsi kecolongan, kemudian menyemangati diri sendiri dan bisa juga semangat 45 karena dapat bantuan sana sini dan jalan itu seperti dimudahkan banget. namun menjelang pertengahan rasanya ketemu jalan buntu dan mandeg karena harus mencari jalan lain. huft. akhirnya pelariannya eksis ditempat lain dan si skripsi digarap seadanya hehehehe. kena marah dosen dan dokter yang buat nangis di jalan (ditutup helm) dan mikir aneh2 di jalan seperti coba kecelakaan trus mati n say goodbye deh ma si skripsi hehehe.
belum lagi menjelang wisuda, teman-teman udah pada sidang. rasanya kayak cekat cekit gitu, la yang mulai skripsi saya duluan koq yang lulus mereka duluan hiks hiks hiks. sampe sensitif banget ketika banyak yang mengira dan bertanya saya wisuda bareng mereka. emangnya di jidat saya ada tulisannya saya lulus gitu? saya harus bilang wow gitu? #loh
akhirnya penantian panjang berbuah manis, 9 bulan saya mengandung si skripsi dan akhirnya dia lahir juga #kata dosen saya.

ini nih saya kasih tips jitu bersahabat dengan dengan si krispi eh skripsi....
1. pilih tema skripsi yang dekat dengan kita or yang kita kuasai sehingga memudahkan kita kedepannya
2. siapkan banyak judul dan bahan-bahannya, jadi ketika ditolak ya masih ada cadangan judul yang lain
3. ketika udah di ACC, langsung digarap, kumpulkan referensinya
4. rajin bimbingan. anggap aja kamu lagi jatuh cinta, jadi rasanya selalu pengen ketemu terus n semangat mengejar walaupun ditolak. jangan pernah meninggalkan bimbingan, karena bisa menimbulkan kecanduan. sekali nggak bimbingan, bakal bikin nggak bimbingan lagi deh besok-besoknya. usahakan setiap jadwal bimbingan, kamu bimbingan walaupun baru sedikit yang digarap.
5. tebel muka aja deh ketika sering bimbingan n dosen pembimbing sampai bosen liat kamu
6. selalu catet apa aja yang direvisi dosen n langsung digarap biar nggak lupa. kalau saya pribadi, saya rekam setiap saya bimbingan, ngerekamnya sih diam-diam pakai hape jadilah begitu pulang saya dengerin lagi rekaman bimbingan saya. cukup efektif loh.
7. bergaul sama orang-orang yang rajin bimbingan skripsi, minimal yang punya tema sama atopun dosen pembimbing sama. ketika kamu gaul sama yang rajin bimbingan, kamu bakal ikutan rajin bimbingan. kamu juga bisa sharing masalah skripsi kamu.
8. ketika mandeg, kamu kerjakan sebisanya dan maju ke dosen. ceritakan permasalahan yang kamu hadapi jangan justru ditinggalin. konsul ke dosen lain juga bisa, membantu memecahkan kebuntuan skripsi mu.
9. motivasi orang-orang terdekat itu penting tapi sumber utama motivasi itu ya diri sendiri. jadi motivasi dirimu sesering mungkin.
10. bikin list targetanmu, misal tanggal segini seminar, turun lapang, sidang, wisuda dan laeb2.
11.  ditengah stress yang melanda, sempatkan satu hari untuk refreshing untuk merefresh pikiranku yang jenuh dengan skripsi.
12. setelah berusaha semaksimal mungkin, jangan lupa tingkatkan ibadah dan berdoa dunk. ketika urusan akhirat dikerjakan maka urusan dunia mengikuti.
13. sebisa mungkin bantulah teman kamu juga yang butuh bantuanmu, karena ketika kamu memudahkan urusan orang lain insyaAllah akan dimudahkan pula urusanmu.

sepertinya segitu dulu tipsnya hehehe. moga bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment