Wednesday 20 August 2014

hilangnya sopan santun

miris euy generasi sekarang kalau ngomong suka nggak sopan. meskipun memang makna katanya udah bergeser, misal "anj*ng" kalau dulu mungkin umpatan kasar dan biasanya kalau marah ngemakinya pake kata itu. tapi sekarang udah "lazim" dipake anak muda sekarang disetiap kalimatnya bahkan awal dan akhir kalimat ckckckck.
misal: "anj*ng gue sebel banget tadi, gk dibolehin masuk ma dosen, anj*ng banget sumpah"
"anj*ng lu, gue telponin nggak diangkat2 daritadi."

pernah seminar disalah satu ruangan yang kebetulan ruangannya sebelahan persis ma meja kantin. beres seminar, dosennya masih duduk di ruangan itu. tetiba ada suara rame gitu dari kantin mahasiswa cowok-cowok dah yang lagi bercanda dan ada kata "anj*ng" yang keluar. si dosen senior kaget donk, langsung tanya itu anaknya sapa (mahasiswa fakultas mana maksudnya), secara kantinnya sering dikunjungi anak-anak fakultas tetangga yang rambutnya gondrong n gimbal hehehe.

si dosen muda bilang "itu sudah biasa bang, kata itu udah jadi ****(lupa istilahnya hehehe) di jaman sekarang. jadi di setiap kalimat biasanya muncul."

si dosen senior tetep keukeuh itu gak boleh, "ya nggak bisa gitu donk, kebayang nggak klo jadi psikolog n nanganin kliennya... "anj*ng kamu yah",, bisa lari semua kliennya."

saya sebagai penghuni kosan yang rata-rata dihuni anak S1 alias anak muda, sebut saja begitu, sudah bosan denger stiap kali mereka ngobrol ma temannya.

selain itu masalah sopan santun bener-bener krisis di anak muda jaman sekarang. pernah baca di twitternya pak wali bandung lagi ngebahas programnya beliau n ada yang protes dengan kata-kata "taikkk", "gak ada otaknya lo", dan tahu siapa yang ngomong gitu? anak yang baru aja lulus SD -__-" ngomong ke pak walikota yang mungkin seumuran ma bapaknya. astagaaaaa. saya cuma elus-elus dada ngebacanya.

generasi sekarang itu dimudahkan dengan teknologi. muncul social media yang memudahkan mereka terhubung dgn orang yang satu dan lainnya, tapi negatifnya mudah sekali berkomentar dengan kata-kata yang tidak pantas bahkan nggak dipikir, karena dianggap tidak berhadapan langsung jadi sah-sah aja ngomong nggak sopan sama orang lain meskipun lebih tua usianya. huft. kacau dah. nggak cuma di socmed koq, di realitanya emang gitu.

sedih :(

No comments:

Post a Comment