Wednesday 7 November 2012

lika liku praktikum

beginilah derita anak mapro psikologi eh bukan derita deh, makanan sehari-hari yg bener. dikasih materi gk nyampe seminggu n voila langsung praktikum alat tes beserta laporannya. kelar praktikum, besoknya udah ganti aja materinya dan voila praktikum n laporan lagi. hmmm antara enek, mblenger mpe muntah-muntah dah... kalau kata pepatah nih berakit-rakit ke hulu berenang-renang kemudian (bener gk sih?) alias bersakit-sakit dahulu (baca: praktikum+laporan+tugas bejibun) bersenang-senang kemudian (baca: jadi psikolog sukses n byk kliennya hehehe).
aamiin...

yang gk pernah lepas dari yang namanya praktikum adalah OP alias Orang yg diPeriksa atau subjek atau testee lah (istilah-istilahx braaaay, biar gaul gt ngerti istilah begituan hehehe)
nah, kalo jaman S1 dulu ya praktikum itu baru muncul di semester-semester lanjut, jadinya sangat memudahkan mencari OP. karena udah mengenal medan, udah banyak teman diluar psikologi yang sewaktu-waktu ketemu dijalan bisa ditodong bwt jadi OP n budaya kosan di malang yg tidak individualis membuat lebih mudah buat nyulik anak kosan bwt jadi OP.
nah klo sekarang, baru juga semester awal. warga baru pula di jatinangor tercinta ini. nggak kenal ma anak S1, bahkan kosan yang memiliki fasilitas semuanya dalam kamar sehingga jarang banget interaksi antar tetangga kosan jadinya yaa termasuk susah banget kalo cari OP.
jadilah ada beberapa teman yg S1 nya dulu dikampus ini jadi "bandar OP", dia yang nyariin bwt kita-kita.
tapi untungnya aku ada teman tuh yang kuliahnya pada di ITB tapi ya gitu deh, riskan sekali mendatangkan mereka dari Bandung untuk di tes di pagi hari. ada kemungkinan terlambat, entah bangun kesiangan (khususnya COWOK), damri or travelnya kejebak macet, dsb. lebih parah lagi kalo non psikologi yg belum ngerti n emank gk pernah ngalamin kayak anak-anak psikologi yang menganggap betapa berharganya OP itu bwt kesuksesan praktikum mereka, jadinya kadang mereka ngeremehin gitu. misal udah bilang bisa buat jadi OP eh mendadak hari H bilang nggak bisa datang ato nyantai-nyantai aja datangnya alias telat. padahal yaa si tester (yg ngetes) nya udah panik aja mondar mandir, ngeliat jam, sms/telp si OP bolak balik. 
terus, pas lagi ngetes kan biasanya OP yang di bawa dituker sama OP yang dibawa teman kita, kadang ada yang cocok kadang juga agak gimana gitu sampai bikin testernya mo bunuh diri gara-gara data yang didapat dikit banget. namanya juga orang baru kenal n kepribadiannya beda-beda jadinya ya gitu. misal nih, pengen gali data terkait kehidupannya OP, si tester udah baik-baik gitu biar OPnya nyaman eh OPnya malah ngerasa si tester lebay (pengalaman teman seperjuangan), ato ada juga yang udah sopan n friendly gitu nanyanya tapi si OP menjawab singkat-singkat aja dan akhirnya membuat si tester bingung, "gimana kabarnya hari ini? -> baik" "kalo keluarga kamu itu seperti apa sih? -> baik" "baiknya seperti apa? ya baik aja."
ya beginilah lika liku praktikum anak psikologi pada umumnya... sekian dan terima kasih... dilanjut kapan-kapan lagi dah... laporan menanti.... dadah bubye...

No comments:

Post a Comment