Tuesday 28 May 2013

review TEST PACK

mau ngebahas si TEST PACK, novel karangannya teh Ninit Yunita yang kemudian di Filmkan yang dimainkan sama Reza Rahadian n Acha Septriasa. kebetulan saya nonton filmnya dulu baru baca novelnya. alhamdulillahnya memang layak buat dibaca dan ditonton. banyak pelajaran yang bisa diambil terkait kehidupan pasca menikah khususnya bagi mereka yang memang belum dikaruniai momongan.
yang ditekankan di sini tentang KOMITMEN dalam pernikahan, seperti dua paragraf di cover belakang novel ini. ketika rumah tangga sedang goyah, ingat lagi komitmen saat menikah dulu apa. jangan justru mencari kelemahan masing-masing dan akhirnya memutuskan berpisah. seperti yang lagi trend saat ini "kawin cerai" sedihnya lagi usia pernikahannya sudah belasan bahkan puluhan tahun. alasannya simpel "sudah tidak ada kecocokan diantara kami". 
saya belajar banyak tentang komitmen di TEST PACK.

"komitmen adalah sumber kekuatan
bukan sesuatu yang justru membuat orang takut untuk menghadapinya."

"komitmen adalah sumber kekuatan bagi seorang istri untuk pergi jauh melihat baik dan buruknya suami. menerima dia ketika sedang tampan
 dan menerima juga mana kala dia sedang menguap dengan jeleknya saat bangun pagi"
 
paling suka lagi adegan kelar akad nikah, si Rahmat bilang gini ke Tata:
"apa adanya kamu, sudah melengkapi hidup saya Neng"

kebetulan si Rahmat ini seorang psikolog dan lagi menangani kasus perceraian pasangan suami istri yang sudah menikah puluhan tahun (diperankan meriam belina n jaja mihardja) kalimatnya sakti banget nih:
 coba diingat lagi, diresapi lagi, dipikirkan kembali "kenapa ya kita menikah?" 
karena apa? jawabannya cuma satu. karena dua-duanya mau menghabiskan sisa umur yang ada sama-sama untuk kebahagiaan bersama.
"kenapa saling cinta dua-duannya?"
karena apa adanya kalian sudah saling melengkapi untuk terus menjalani hidup ini sama-sama.
itu yang dulu saya bilang ke istri saya waktu saya akad nikah.

betapa kuatnya arti sebuah komitmen. bahkan kehadiran momongan itu sangat dinantikan buat pasangan suami istri, tapi mirisnya banyak orang yang sudah punya momongan justru di sia-siakan dan bahkan dibuang. recommended buat di baca novelnya n ditonton filmnya. buat kado pernikahan juga bagus. dari mana saja kita bisa belajar :)

No comments:

Post a Comment