Thursday 16 May 2013

sayangi lambungmu :)

akhir tahun lalu kembali berjumpa dengan dokter spesialis penyakit dalam, dan lagi-lagi penyakit saya adalah si maag akut. harus bolak-balik kontrol ke dokter setiap minggunya n membawa pulang obat-obatan yang selain banyak juga mahal :(
akhirnya dapat banyak tips dari si pak dokter yang mirip park ji sung itu :D 
nah buat teman-teman yang punya maag, apalagi yang udah akut kaya saya yuk mari kita terapkan tips dibawah ini:
  • atur pola makan, tentukan jadwal harian kita sehingga bisa menentukan di jam-jam mana kita bisa makan. semakin lama kita beraktivitas, semakin banyak pula yang harus kita makan. maksudnya seperti ini nih, misal sehari kita makan sehari 3 kali (pagi-siang-malam) nah karena ada tugas kita begadang ngerjakannya sampai jam 1 malam, nah sekitar jam 10an kita harus makan lagi. lupakan urusan nanti gemuk kalau makan malam-malam. yang penting SEHAT!!!!
  • ketika perut kita kosong (biasanya pagi hari) usahakan jangan memakan buah-buahan, minuman selain air putih dan permen. nah jadi kalau memang perut kita kosong dan belum sempat makan, lebih baik minum air putih, bukan teh manis dan sebagainya. buah pun tidak dianjurkan (pisang sekalipun). terkadang juga kita menunda lapar dengan mengemut permen, padahal justru merangsang munculnya asam lambung.
  • lebih baik pagi sarapan sereal, karena berserat dan lebih mengenyangkan. saat sakit kemarin dan kuliah padat merayap, saya membawa sereal seperti choco crunch (kemasan kecil) untuk saya jadikan cemilan ketika dikelas sehingga bisa menunda lapar.
  • hindari makanan asam, pedas, bersantan dan juga minuman yang mengandung caffein seperti kopi.
  • makan juga sebenarnya harus diperhatikan kandungannya, seperti pagi makan yang banyak mengandung protein, siang kita perbanyak yang mengandung zat besi, dll.
  • bagi penderita maag sebaiknya makan sedikit tapi sering. selalu sedia cemilan juga ditas ketika kita diluar rumah. usahakan jangan sampai kita "kelaparan".
  • yang sekarang saya lakukan selalu membawa toples kecil berisi malkist roma untuk saya jadikan cemilan ketika tidak ada kesempatan untuk makan berat dan membawa botol minum sendiri. saran dokter sih yang bagus pakai biskuit regal dan sereal tadi.
  • nah ini terakhir tapi pengaruhnya luar biasa sama si lambung, yaitu STRES. hindari stres yaaa, hmm belajar bagaimana memanage stres kita sehingga si stres tidak menyerang lambung kita

No comments:

Post a Comment